Kenali Sakit Kepala anda ?
Spread the love

dr. Rangga Adi Nugraha, Sp.S (Dokter Spesialis Saraf RS AR. Bunda)

Sakit kepala bisa terasa ringan dan cepat berlalu atau bahkan sangat parah dan berlarut-larut. Nah, beda gejala sakit kepala yang Anda rasakan mungkin dipengaruhi oleh macam-macam jenis dan penyebabnya yang juga berbeda. Setiap jenisnya pun mungkin membutuhkan pengobatan yang lebih spesifik daripada sekadar obat sakit kepala di apotik.

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Nyeri akibat sakit kepala dapat muncul di salah satu sisi kepala, terpusat di titik tertentu, atau menyebar hingga ke seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa terasa ringan hingga berat dan dapat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari. Karakteristik nyeri pada sakit kepala bisa dari nyeri tajam yang menusuk, nyeri tumpul, nyeri konstan, sampai nyeri yang disertai dengan sensasi berdenyut. Sakit kepala umumnya dapat diobati dengan pola hidup sehat, relaksasi, atau konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Namun, sakit kepala terkadang juga bisa terkait dengan penyakit atau cedera serius sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut.

Sakit kepala secara garis besar terbagi menjadi dua, sakit kepala primer atau sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang disebabkan murni disebabkan masalah struktur di otak, seperti migren, sakit kepala klaster, sakit kepala saraf tegang. Sedangkan sakit kepala sekunder adalah adalah sakit kepala sebagai gejala atau disebabkan penyakit lain seperti cedera pada kepala, stroke, tumor hingga infeksi pada kepala atau organ tubuh lain.

Tidak semua nyeri kepala harus dilakukan CT scan atau MRI. Nyeri kepala primer tidak perlu untuk dilakukan pemeriksaan tersebut. Kapan kita perlu mewaspadai sakit kepala? Kita perlu mewaspadai sakit kepala apabila memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Nyeri kepala disertai demam atau dengan infeksi
  • Disertai penurunan berat badan
  • Disertai defisit neurologis seperti kelemahan gerak, gangguan BAK dan BAB, gangguan kesadaran
  • Nyeri kepala mendadak
  • Nyeri kepala pertama kali pada usia diatas 50 tahun
  • Nyeri kepala dengan karakteristik/tipe yang belum pernah dirasakan sebelumnya

Apabila didapatkan 1 atau lebih kriteria di atas, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, karena itu merupakan ciri-ciri nyeri kepala sekunder.

Segera periksakan diri anda ketika mengalami sait kepala agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat. Segera periksakan ke Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit AR. Bunda Lubuklinggau,

Agar mudah dan cepat, silahkan Daftar melalui Whatsapp di 0822-822-999-29

POLI SARAF

PoliklinikDokterHariJam
Sarafdr. Rangga Adi Nugraha, Sp.S
Senin – Jumat
09.30 WIB – 14.00 WIB
19.00 WIB – 21.00 WIB

dr. Fardin Suradi, Sp.SSenin – Jumat15.00 WIB – 19.00 WIB
Sabtu10.00 WIB – 14.00 WIB
Ket :
*Jadwal Sewaktu waktu bisa berubah-ubah, Jika ada penambahan & perubahan ,Maka akan kami infokan kembali.
*Tanggal merah dan libur nasional layanan poli tutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *