Hari Demam Berdarah Dengue Asean ” Wujudkan Indonesia Bebas Dengue”

Sejak tahun 2010, negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN memperingati hari Demam Berdarah Dengue atau DBD. Mengingat negara-negara ASEAN merupakan daerah endemik DBD. Hari DBD ditetapkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 di Hanoi pada 30 Oktober 2010. Adanya gagasan diatas merupakan bentuk tindak lanjut dari pernyataan WHO. Tujuan peringatan hari DBD adalah untuk meningkatkan komitmen nasional dan antar-anggota ASEAN pada upaya pengendalian demam berdarah. Baik pencegahan, penanggulangan, hingga tata laksana. Sehingga angka kejadian dan kematian akibat DBD dapat ditekan.

Peringatan ASEAN Dengue Day 2022 menjadi salah satu ajang untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat di negara Asia Tenggara untuk mampu mencegah penyebaran penyakit DBD dengan menerapkan 3M plus, Yaitu:

1. Menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya. Dinding bak maupun penampungan air.

2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah.

3. Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang)

Diantara langkah Plus yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

> Menggunakan obat anti nyamuk
> Gotong Royong membersihkan lingkungan
> Periksa tempat-tempat penampungan air
> Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
> Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi
> Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar
> Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup
> Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras
> Menanam tanaman pengusir nyamuk

Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala DBD seperti demam tinggi, nyeri otot, hingga mual dan mutah ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.